Tapi dibalik itu ada balada yang bikin sedih :')
Baca yuk curhatannya disini > Balada Kelupaan Sama Akses Akun Twitter Sendiri
...
Sebelum melakukan aduan, periksa lagi:
1. Apakah Anda lupa password saja? coba dulu ini https://twitter.com/account/begin_password_reset
2. Apakah Anda lupa email, tapi akun Anda memiliki konfirmasi nomor handphone yang masih aktif? coba ini https://support.twitter.com/articles/14663# atau ini https://support.twitter.com/forms/restore
Kalau seperti itu, BERARTI IKUTI SOLUSI YANG SAYA TAUTKAN DI MASING-MASING POIN, dan JANGAN IKUTI STEP YANG AKAN SAYA BERIKAN DI BAWAH INI. KARENA MEMANG TIDAK TERLALU SAYA SARANKAN.
Secara garis besar mengapa aduan saya ditindaklanjuti adalah:
1. Ceritakan melalui form bantuan.
2. Ceritakan dengan sopan dan sejujur-jujurnya. Atau dengan bahasa yang mudah mereka terima.
3. Nanti akan dibalas melalui email, balaslah dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4. Identitas kedua akun saya kurang lebih sama, hanya username yang sedikit berbeda.
Why? Ah kepo, baca terus kuy.
Saya melakukan aduan karena memang kedua akunnya...
1. Dua-duanya lupa password
2. Satu akun emailnya lupa, akun satunya emailnya udah dihapus pihak email karena dianggap tidak aktif
3. No HP (kalau gak salah) belum tertaut ke kedua akun (intinya lupa juga)
4. Tidak bisa akses email (ya karena satunya udah dihapus pihak email dan satunya lupaaa, serius lupa, jadi mau akses email apa juga coba)
See? Parah memang. Perlu banyak istighfar kalo kayak gini :')
...
Bagaimana kronologisnya?
Saya pernah mengadukan masalah login ini pada tahun 2013, namun tidak direspon; akun saya masih ada.
![]() |
Bahasa kurang sopan :( terlihat memaksa |
![]() |
Ditanyain sama CS-nya, kalau email saya memang aktif (bukan bot) balaslah email ini. |
![]() |
Saya balas begini. |
![]() |
Sambungan atas. |
![]() |
Disuruh balas email lagi untuk memastikan bahwa email saya aktif dan bukan bot. |
![]() |
Saya balas lagi begini. |
![]() |
Dikasih link, tapi tetep aja bukan solusi yang saya cari, coz saya lupa password sama email, bukan password doang. |
![]() |
Yang ini lupa apaan. Tapi sama seperti email sebelumnya. |
![]() |
Yang ini lupa juga apaan. Kalau gak salah ini ngisi ticket form selain dari yang pernah saya isi. |
![]() |
Dan saya malah disuruh ke terapis :( dianggap gila kali yaaa hahaha :( Ini kayaknya salah ngisi ticket form deh. |
![]() |
Detailnya. |
![]() |
Detailnya. |
![]() |
Ini lupa bagian yang mana, cuman yang jelas membalas email dari CS untuk memastikan bahwa email saya real dan bukan bot. |
![]() |
Dibalas link-link ini, tapi bukan solusi yang saya cari |
![]() |
Eheheheh ini protes :( dikasih link-link yang sama sekali gak ngasih solusi bagi masalah saya yang amat rumit ini. |
Saya cek berulang-ulang hampir tiap waktu tapi tetap aja akunnya masih ada.
...
Tiga tahun kemudian saya mengadukannya lagi. Ya karena saya kehabisan cara. Selain itu, karena saya suatu hari membaca sebuah kebijakan dari Twitter.
Pertama, saya masuk ke aduan tiket (https://support.twitter.com/forms/signin?was_redirect=true). Search nama twitter Anda, kemudian isi email yang aktif (tidak apa-apa bila tidak terhubung dengan akun, yang penting emailnya bisa dibuka) dan isi aduan. Kalau tidak bisa bahasa Inggris, ubah dulu bahasa page web nya menjadi Bahasa Indonesia.
Pada 2016 saya mengadukannya kurang lebih seperti ini:
Saya ingin menonaktifkan kedua akun saya (@petrathia dan @athiadeangelo) yang sudah lama tidak bisa saya buka, karena saya sudah memiliki akun lain yang masih aktif yaitu @athiasafrina. Selain itu, menurut kebijakan dari Twitter bahwa lebih dari 6 bulan akun tidak ada aktivitas maka akan ditutup otomatis.
Sepertinya kebijakan ini baru dibuat (atau saya yang baru lihat) makanya saya langsung membuat aduan seperti di atas. |
Akhirnya saya mendapat balasan melalui email.
![]() |
Dibalas seperti ini, karena saya mengirim email yang berbeda dengan email yang terhubung dengan 2 akun twitter yang saya adukan. |
![]() |
Saya balas seperti ini. |
![]() |
Akhirnya direspon!. Saya diminta mengisi pernyataan dan melampirkan hasil scan fotokopi identitas diri. |
![]() |
Lanjutannya. |
![]() |
Saya ikuti penyataan di atas. |
![]() | ||
Setelah 30 hari, saya lihat lagi kedua akun alay saya sudah dihapus permanen. |
Ini contoh loh ya. |
Mau tanya kak..
BalasHapusUnggah salinan nya boleh pakai KTP gak kak?
Terimakasih kak artikel ini sangat membantu sekali
Hi, lama tidak buka blog jadi baru balas. Boleh sekali melampirkan scan KTP :)
Hapus